Selamat Datang

CASING KOMPUTER


Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.

Fungsi Casing Komputer  :
1. Melindungi berbagai komponen2 di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan2 fisik yg kita tidak inginkan.
2. Casing juga begitu penting karena hampir semua perkakasan seperti prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.
3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.

4. Casing computer yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bagian casing agar casing computer anda menjadi menarik
5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai “dudukan” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.

Jenis casing komputer adalah berdasarkan bentuknya, yaitu:

1. Casing desktop
2. Casing tower

1.Casing Desktop
Casing CBM 628-02 (250w pure) Rp.340rb
          
 Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm. Umumnya casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk harddisk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

2.Casing Tower
Umumnya komputer 80486 ke atas menggunakan casing tower, selain memakan sedikit tempat sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer lebih luas, sehingga suhu dalam casing komputer tidak cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya.

Casing komputer jenis tower terdiri dari:

a. Mini tower
Casing CBM 323-20 Red(450w) Rp.315rb

Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama. Yang membedakan dari jenis-jenis tersebut adalah ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya.

 b. Middle tower
Casing CBM 323-20 Red(450w) Rp.315rb

 Casing tower dipasaran juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.


C. Casing Mini Itx
Casing CBM 617-03(450w) Rp. 300rb

Inilah casing yg booming di thn 2012 nanti, jenis casing mini-itx  ini akan banyak ditemui di kantor-kantor dan POS ( point of Sales).  POS adalah tempat seperti di loket loket pembayaran atau loket parkir serta seperti  untuk showroom seperti pameran  dan lain lainya yg mengumakan space yg terbatas dan  keindahan product.

D. Casing komputer seri Gaming
Pengunaan casing komputer ini dikhususkan untuk Memodifikasi perangkat komputer dalam cara non-standar. Modifikasi dilakukan, terutama oleh penggemar berat hardware, untuk memamerkan piranti dalam komputer dengan memamerkan perangkat keras internal, dan juga untuk membuatnya terlihat estetis menyenangkan untuk pemiliknya. dan  juga dapat dimodifikasi untuk meningkatkan kinerja komputer, ini biasanya berhubungan dengan pendinginan dan melibatkan perubahan pada komponen agar semua komponen dapat bekerja maxsimal biasanya mengunakan kipas yg besar dan berwarna. Casing komputer ini biasanya sudah mengunakan air flow yg bagus, penampilan futuristik atau gaming sekali seperti seri Casing CBM Azza Toledo 301, Toolest ( tidak mengunakan Obeng untuk merakitnya,serta memiliki pengaturan kable  yang baik dan rapih.
1. casing Mid tower
    Casing CBM Azza Toledo Rp. 600rb

2. Casing full tower
    Casing CBM Azza Solano blue Rp. 1.070.000


Cara mengatasi casing yang nyetrum :

  1. Siapkanlah bahan sebagai berikut yaitu kabel kurang lebih 1 meter dan paku.
  2. Kupas kedua ujung kabel menggunakan tang pemotong ataupun gunting
  3. Matikan komputer dan cabut kabelnya dari steker listrik
  4. Kendurkan satu baut casing yang menahan power supply
  5. Lilitkan salah satu ujung kabel yang telah kita kupas di badan baut
  6. Kencangkan kembali baut penahan power supply ke casing komputer
  7. Lilitkan ujung kabel yang lain di paku
  8. Tancapkan paku di diding atau lantai rumah Anda sehingga sistem grounding menjadi semakin baik

TIPS MERAWAT CASING KOMPUTER
1. Tempatkan casing komputer dan monitor komputer di sebuah meja yang kokoh alias tidak bergoyang-goyang.

2. Usahakan agar ruangan tempat kalian menyimpan komputer bebas dari debu atau selalu dalam keadaan bersih,
karena casing komputer memiliki beberapa fan atau kipas yang berfungsi untuk menyedot udara segar dari luar, yang tentunya otomatis debu-debu halus pun ikut tersedot jika ruangannya kotor.

 3. Sekitar 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali, buka casing komputer dan bersihkan semua komponen-komponennya dari debu menggunakan penyedot debu atau bisa juga menggunakan kuas halus, terutama debu-debu yang menumpuk di dalam fan dan heatsink.

 4. Jangan terlalu sering membongkar pasang beberapa komponen seperti RAM dan video card, kedua komponen ini berdasarkan pengalaman saya sering bermasalah jika terlalu sering dibongkar pasang, suka tidak ter-detect pada saat komputer dinyalakan, mungkin slotnya jadi longgar atau lempengan-lempengan tembaganya terkikis karena keseringan dibongkar pasang.

TERIMAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT....

0 komentar: