Selamat Datang

FAN KOMPUTER

PENGERTIAN FAN (PENDINGIN)
        Fan atau Kipas pendingin, adalah salah satu kelengkapan pada komputer.
Funghsi utama dari pendingin CPU adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem dan menjaga agar CPU tetap dalam suhu yang masih dapat ditolerir oleh CPU tersebut. Tetapi fungsi itu dapat terganggu oleh debu yang menempel pada baling-baling kipas pendingin CPU. Debu tersebut sedikit demi sedikit akan mengurangi kinerja kipas pendingin tersebut karena semakin banyak debu yang menempel maka akan semakin berat putaran pada kipas pendingin. Oleh karena itu diperlukan perawatan secara rutin untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas pendingin CPU.

Ada dua buah kipas utama yang harus berjalan baik di komputer, yaitu:

1. Kipas processor, yang berfungsi membuang hawa panas yang diserap oleh heat   
2. Kipas power supply, yang fungsinya membuang hawa panas terhadap komponen-komponen yang terdapat di power supply.
Selain kedua kipas utama tersebut, terdapat kipas tambahan yang berfungsi sebagai pendukung kipas processor yaitu kipas casing dan kipas harddisk. Kipas ini tidak terlalu urgent fungsinya, sehingga tanpa kipas ini komputer akan tetap berjalan. Tapi penambahan kipas ini tentunya akan sangat membantu kinerja komputer.


Akibat yang ditimbulkan bila kipas rusak atau tidak dipasang

Pada kipas processor, tentu saja ini akan berakibat fatal. Sebab komputer tentu tidak akan bisa loading. Dan permasalahan terkecil adalah komputer akan terus melakukan restart atau mati mendadak. Terkadang, komputer tidak bisa di hidupkan kembali. Hingga butuh beberapa saat sampai processor dingin baru komputer bisa dihidupkan. Dan kejadian restart atau mati mendadak akan terjadi kembali.

Pada processor dan motherboard tertentu, yang dilengkapi dengan sensor panas maka komputer akan mati dengan sendirinya pada derajat panas tertentu. Sehingga bisa dibilang processor akan aman. Tapi pada processor dan motherboard tertentu yang tidak dilengkapi dengan sensor panas, maka kerusakan pada kipas akan mengakibatkan jebolnya processor dan motherboard.

Kerusakan juga terjadi pada program Windows anda. Sehingga pada beberapa kasus, file system yang terdapat di Windows rusak hingga untuk melakukan perbaikannya anda harus melakukan instalasi ulang.

Pada kipas power supply, hal yang sama juga terjadi. Komputer sering restart karena hawa panas yang terdapat pada power supply. Bila di diamkan terus menerus, maka akan mengakibatkan matinya power supply. Terkadang, bisa menyebabkan rusaknya Motherboard dan Harddisk.

BERIKUT INI GAMBAR DARI FAN YG ADA DI DLM CPU
 1.Fan Processor ( Heatsink )



2.Fan Power Supply
 
3.Fan Casing
 

Perawatan Kipas Komputer

1. Lepaskan kipas dari heatsink
2. Bersihkan debu yang melekat
3. Lepaskan stiker pada punggung kipas
4. Teteskan pelumas secukupnya (1-2 tetes), pastikan tidak ada yang menetes keluar
5. Gerakan kipas dengan tangan sampai terasa lancar
6. Pasang kembali kipas pada heatsink.

Kipas yang kondisinya baik, saat akan berhenti dari putaran akan terlihat sedikit bergerak ke arah yang berlawanan dengan putaran. Untuk pelumasan dapat digunakan pelumas dengan kekentalan rendah, bisa juga menggunakan minyak sayur.

TERIMAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT......

1 komentar: