Selamat Datang

HARDDISK

Harddisk atau yang populer disebut recording media berfungsi  sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen.Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat harddisk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan dengan menempatkan sebuah medan magnetik melalui permukaan sebuah disk berlapis material bermagnet yang bergerak.

Dalam sebuah Hard Disk Drive (HDD) ada 3 komponen utama :
1. Hard disk atau platter (pelat/disk metal)
2. Write-core head adalah salah satu perangkat perekam untuk menulis data
3. GMR read-sensor head untuk membaca data dari setiap permukaan platter.
Hard disk memposisikan dua buah head (penulis dan pembaca), bergantung sebuah lengan yang dapat bergerak, dengan jarak 10 nanometer di atas permukaan platter pada tiap sisinya.

Jenis hard disk yang sering digunakan, yaitu ATA, SATA, dan SCSI.

1.ATA (Advance Technology Attachment)


ATA terbagi juga atas beberapa kabel data. Yaitu : Kabel ATA PC 66, Kabel ATA PC 100, dan Kabel ATA PC 133. Angka2 tersebut merupakan kecepatan transfer sebuah kabel per Mbps.

2. SATA (Serial ATA)


Serial ATA merupakan perngembangan terbaru dari ATA. SATA didefinisikan sebagai teknologi terbaru yang didesain untuk menggantikan ATA. Kecepatan transfer lebih tinggi daripada ATA.
Beberapa fitur SATA :

  • SATA menggunakan line 4 sinyal yang memungkinkan kabel yang lebih ringkas dan murah dibandingkan dengan PATA.
  • SATA mengakomodasi fitur baru seperti hot-swapping dan native command queuing.
  • Drive SATA bisa ditancapkan ke kontroler Serial Attached SCSI (SAS) sehingga bisa berkomunikasi dengan kabel fisik yang sama seperti disk asli SAS, namun disk SAS tidak bisa ditancapkan ke kontroler SATA.
  • Kabel power dan kabel SATA mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan kabel Parallel ATA.
  • Kabel data SATA menggunakan 7 konduktor di mana 4 di antaranya adalah line aktif untuk data. Oleh karena bentuknya lebih kecil, kabel SATA lebih mudah digunakan di ruangan yang lebih sempit dan lebih efisien untuk pendinginan.
Untuk sekarang, SATA terbagi menjadi 3 yaitu : SATA 1, SATA 2, SATA 3.

SATA 1
SATA 1 merupakan generasi pertama SATA. SATA 1 bisa disebut juga SATA/150. SATA ini berkomunikasi dengan kecepatan 1,5 GB/s. Kecepatan transfer uncoded 1,2 GB/s. SATA memiliki Native Command Queuring yang menybabkan memiliki kecepatan lebih dan kemampuan untuk melakukan bekerja di lingkungan multitask.

SATA 2 
SATA 2 merupakan generasi ke-2 SATA, dan berkomunikasi dengan kecepatan 3 GB/s.

SATA 3
SATA 3(THE THIRD GENERATION),  Berkomunikasi pada kecepatan 6 GB/s.



Cara-cara untuk memperpanjang umur harddisk adalah:

1.      Usahakan komputer tidak langsung tercolok/terhubung ke listrik PLN. Gunakan stabilizer yang menggunakan regulator servo.
2.      Jangan biarkan harddisk terlalu panas. Buatlah aliran udara di dalam casing berjalan dengan baik dengan memasang fan yang cukup.
3.      Lakukan perawatan dan pembersihan secara teratur. Untuk perawatan kita bisa melakukan defrag (penataan ulang file, sektor, track, dan cluster pada harddisk sehingga terkelompok secara teratur berdasarkan logika penataan tertentu) dan Scandisk (suatu program untuk mengecek dan memeriksa apakah terjadi kerusakan pada harddisk atau tidak, sekaligus memperbaikinya). Untuk pembersihan kita lakukan pembuangan/penghapusan file-file yang tidak berguna setelah kita menjalankan komputer.
4.      Jangan mematikan komputer secara paksa karena akan membuat head harddisk tetap di atas pelat ketika komputer dalam keadaan mati. Bila ini dibiarkan terjadi dan berulang-ulang, pelat harddisk bisa tergores (mengakibatkan bad sector) atau head tidak mau membaca data (haddisk mati sama sekali).
5.      Buat partisi secara terpisah. Pemisahan data dari drive sistem operasi dan aplikasi akan menolong kita seandainya terjadi suatu masalah dari komputer kita. Misal di (C: ) kita gunakan untuk menyimpan SO (Sistem Operasi), dan (D: ) kita gunakan untuk menyimpan aplikasi.
6.      Hindari harddisk kurang dari 1/8. Harddisk membutuhkan ruang kosong yang agak longgar karena kadangkala terjadi swap file dan proses ini memakan ruang.

Terimakasih, Semoga Bermanfaat.......

0 komentar: