Selamat Datang

PENGERTIAN SOFTWARE ( PERANGKAT LUNAK )

Dalam dunia teknologi informasi kita sering mendengar kata software. Sebenarnya apa sih software itu? Ada yang mengatakan bahwa tanpa software, maka suatu komputer tidak dapat digunakan atau dioperasikan. Untuk mengetahui definisi atau pengertian dari software silahkan simak sedikit penjelasannya di bawah ini.
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

Macam - Macam Software :
 
1.Sofware Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di komputer.
Sistem operasi berfungsi  mengatur kerja komputer secara mendasar, seperti mengatur proses input/output, mengatur memori internal dan eksternal, mengatur pengkodean,
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  ~ Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  ~ Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  ~ Shell atau Command Interpreter , yang bertugas membaca input dari pengguna
  ~ Library, yaitu yg menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi  lain
  ~ Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Contoh sistem operasi :
Microsoft DOS, Microsoft Windows, Ubuntu (linux), Macintosh, dll

Microsoft DOS dan Microsoft Windows
Sistem operasi mulai memasuki dunia komputer rumah tangga setelah adanya Microsoft DOS dari perusahaan software Microsoft. Sistem operasi ini belum menunjang penggunana komputer secara banyak tugas (multitasking) dan Sistem operasi baru memasuki dunia multi tasking setelah Microsoft merilis Sistem operasi baru dengan nama Microsoft Windows.
 
Microsoft Windows terus berkembang pesat sehingga merajai pasar perangkat lunak dunia. Diawali dengan larisnya Windows 95, Microsoft terus memperkokoh dominasinya dengan berturut-turut meluncurkan Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.

Macintosh dari Apple
Selain Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang lain adalah Apple dengan produknya yang dilabeli dengan nama Macintosh Operating System (MacOS). MacOS pertama diluncurkan pada tahun 1984 untuk menjalankan komputer apple yang diberi nama Macintosh.
Sistem operasi ini tidak kompatibel dengan komputer buatan IBM.
 
MacOS adalah sistem operasi komputer pertama yang menggunakan antarmuka pengguna berbasis grafis (bukan teks) atau yang sering disebut dengan GUI (Graphical User Interface). Generasi MacOS diawali dengan  penyebutan dengan menggunakan kata Sistem, seperti Sistem 6, Sistem 7 hingga kini menggunakan MacOS 9 dan yang terbaru adalah MacOS X (X=ten=sepuluh)

Linux dan Opensource
Dua sistem operasi yang disebutkan diatas adalah sistem operasi yang berbayar, artinya kita harus membelinya untuk dapat menempatkan sistem operasi tersebut kedalam komputer pribadi kita. Pada beberap kasus memang ditemukan penggunaan sistem operasi windows dengan model mengkopi dari komputer yang satu ke komputer yang lain tanpa harus membeli namun ini adalah termasuk tindakan pembajakan.
Pada tahun 1991 muncul wacana membuat sistem operasi dari kode Unix. Gagasan ini diawali oleh mahasiswa inggris yang bernama Linus Thorvalds. Sistem operasi yang dihasilkan oleh proyek ini kemudian disebut dengan Linux. Karena sifatnya yang gratis dan kode program yang terbuka (open source)
maka Linux menjadi terus berkembang dan menjalar ke seluruh dunia.
 Beberapa contoh Sistem operasi Linux yang terkenal adalah Ubuntu, Mandrake, OpenSUSE, RedHat, Slackware dan Debian. Masing-masing nama tersebut dikenal dengan istilah distro (dari kata distribusi/penyaluran). Saat ini banyak distro linux baru yang muncul disetiap belahan dunia.

2. Sofware Bahasa Pemograman (Language Sofware)

Yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman kedalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer.

contohnya:
   ~ Fortran (Formula translator), 
  ~ Assembly 
  ~ Basic (Beginner’s All Symbolic Interchange Code) 
  ~ Pascal/Turbo Pascal 
  ~ COBOL (Common Business Oriented Language) 
  ~ Bahasa C 
  ~ Visual Basic
  ~ Delphie

3. Sofware alat bantu (Utility Sofware)
program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus.
PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini. Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser).
contoh-contoh software Utility
   ~ Norton Utility
   ~ Laplink
   ~ Norton Commander
   ~ Partisi Magic

4. Sofware aplikasi

Yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan sofware (Sofware house) yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya umum.
Software Aplikasi ini dikelompokan berdasarkan fungsi atau  bidang pekerjaan yang dilakukan,

Software aplikasi yang umum ada di pasaran  antara lain :
a. Perangkat lunak untuk Pengolah Kata
Umumnya digunakan untuk membuat suatu dokumen yang berhubungan dengan teks (Surat, Laporan dll) Contohnya :
   ~ Microsoft Word
  ~ Wordstar
  ~ Word Perfect
  ~ Chiwriter, dll

b. Perangkat lunak untuk Pengolah Angka

Berfungsi sebagai program penghitung suatu data (Data tabel/Spreadsheet) dan biasanya dilengkapi fitur-fitur pelengkap seperti grafik dan diagram. Contohnya: 
  ~ Microsoft Excel 
  ~ Lotus 123
  ~ Super Calc.
  ~ Stat Plus, dll  

c. Perangkat Lunak Untuk Akses Internet
Suatu program yang digunakan untuk menjelajah (Browsing) internet biasanya sering disebut dengan Browser. Contohnya:
   ~ Internet Explorer
  ~ Mozilla Firefox
  ~ Netscape Navigator
  ~ Opera, dll
d. Perangkat Lunak untuk Desain Grafis
Adalah program yang digunakan untuk pengolahan gambar baik satu dimensi, dua dimensi maupun tiga dimensi. Biasanya digunakan dalam bidang Percetakan, periklanan, arsitektur dan desain.
Contonya:
  ~ Adobe Photoshop
  ~ CorelDraw
  ~ AutoCad
  ~ ACD See, dll   
e. Perangkat Lunak untuk membuat Presentasi
Program yang digunakan untuk membuat Presentasi yang ada saat ini antara lain :
  ~ Microsoft PowerPoint
  ~ Macromedia FreeHand
  ~ Story Board
  ~ Flash Macromedia, dll      
f. Perangkat Lunak untuk Hiburan (Multimedia)
Biasanya digunakan untuk hiburan seperti menjalankan file lagu/musik, memutar film, Video clip dari CD ataupun DVD. Contohnya:
  ~ Winamp
  ~ Windows Media Player
  ~ CyberLink PowerDVD
  ~ Real Player, dll
TERIMAKASIH , SEMOGA BERMANFAAT...

2 komentar:

  1. terimakasih gan atas infonya
    monggo ikut kompetisi cerdas cermat online se-jawa timur seri 2

    BalasHapus