Selamat Datang

Cara Install Free MC Boot tanpa Cd Ulanchelf

Cara dibawah ini bisa kita lakukan apabila kita malas utk mengcopy UlaunchElf ke CD/DVD atau DVD Ps2 kita sudah tidak bisa membaca Cd/DVD lagi.
Cara dibawah ini bisa kita lakukan tapi dengan catatan kita sudah punya MC yang sudah terinsatall FreeMcBoot.

Cara Install FreeMcBoot Tanpa Cd UlaunchElf sbb :
1. Copy Free Mc Boot _v1.8 ke flashdisk

2. Masukkan MC 1 dan MC 2 serta Flashdisk >> hidupkan PS2

3. Lihat MC 1 dan MC 2 dari menu Browser

4. MC 1 kosong dan MC 2 sudah terinstall Free Mc Boot v1.8 >> kembali Kemenu awal

5. Pilih UlauchELF

6. Maka akan tampilan UlaunchELF seperti gambar dibawah :

7. Maka akan tampilan Path UlaunchELF seperti gambar dibawah :

8. Maka akan tampilan isi dalam folder Mass ( flashdisk ) seperti gambar dibawah :

9. Maka akan tampilan isi dalam folder FreeMcBoot_v1.8 seperti gambar dibawah :

10. Setelah itu proses install  FreeMc Boot ke Memory Card pun dimulai sampai selesai.
      ( lihat proses install FreeMcBoot pada Tahap II artikel Cara Install FreeMcBoot )
11. Memasukan OPL ke booting FreeMcBoot dgn cara sbb :
      ( lihat proses install OPL pada tahap III artikel Instal OPL )
12. Kemudian lihat data yg sudah terinstall di MC 1
      terlihat seperti gambar dibawah ini :

13. Isi game Iso Ke Flashdisk ( lihat cara nya di Cara Mengisi Game PS2 Ke Flashdisk )
      terlihat seperti gambar dibawah ini :

 14. Colok Flashdisk ke PS2 >> Hidupkan PS2
       maka akan tampil seperti gambar dibawah ini
15. Pilih Rangga Net ( OPL )
      maka akan tampil seperti gambar dibawah ini

                           

Install FreeMc Boot berhasil dilakukan tanpa Cd Ulaunch.ELF..
Sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya Main Game PS2 lewat jaringan LAN

Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir Bathin
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H

143 komentar:

  1. min bisa gk aku minta salin data yg ada di memori card yg udah terinstal mcboot. Thanks

    BalasHapus
  2. sangat komplit... bisa dicoba,thx gan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. ini apa harus pakek 2 memory card

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ....memori pertama kosong yg akan kita install FreeMcBootnya, memori kedua emang sudah terinsatall FreeMcBoot,jd kita memanfaatkan UlaunchElf yg sudah terinsall di memori kedua ...

      Hapus
  4. Gan, kalau misalnya ps2 saya optik rusak , tidak punya hardisk dan freemcbot. adakah cara lain untuk booting ulaunch nya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo optik PS2 nya rusak bisa pinjam PS2 teman utk insatll FreeMc bootnya, klo gak punya hardisk bisa pake flashdisk ,klo gak punya FreeMcboot ....ya harus di install....tks

      Hapus
    2. atau bisa pasang chips matrix didalam PS2 nya jdi gak perlu lagi instal FreeMcBoot ke MC ...

      Hapus
  5. mas saya beli ps 2 second. nah itu tampilan awal udah matrix. tapi masih pake kaset.
    saya coba pake cara ini ga keluar ulaunch nya. saya pinjam mc teman yg udah terinstal freemcboot . gimana itu ya mas solusinya?tolonggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo uda matrix gak perlu lg install FreeMcBoot nya,lgsung aja coba isi game ke flashdisk/hardisk dan main game dari flashdisk ...tks

      Hapus
    2. Cara isi game nya gan toling di post minn
      saya udah coba isi pake USButil ttep ada tulisan "unable to load config file" gitu padahal flashdisk nya uda ada game sama config_opl.cfg nya ,
      di MMC saya uda ada opl nya + uda matrix

      Hapus
  6. Maaf gan ane mau tanya ???...
    kan PS2 ane ini udah matrix gan/udah bisa maen pake harddisk nah tapi si harddisk nya tuh rusak gan jadi ane skrg pengen maen pake flashdisk gitu gan, intinya apa bisa ane maen game langsung dari flashdisk tanpa install apapun gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di PS 2 saya , pake harddisk atau pun flashdisk sama2 bisa gan...ya silakan saja coba ikuti cara ngisi game ke flashdisk di tutorial yg saya berikan....segala sesuatu yg membuat kita penasaran akan jawabannya harus kita coba mas...,tks..

      Hapus
  7. tapi ps2 ane Matrix Fat gan bukan slim freemcbot . gimana ganbisa gak ?

    BalasHapus
  8. gan, di mc temen ane udh ke isntall fmcb..
    tapi langsung booting ke opl, nah biar bisa keluar dari opl ke menu fmcb pencet apa ya gan? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lihat di settingan opl nya gan...

      Hapus
    2. ane pake opl 0.7 gan,
      apanya yg harus di setting ya gan?

      Hapus
    3. exit : Browser...
      coba lihat gambar No.4 di link bawah ini :
      http://rizalyuliandi.blogspot.com/2014/08/main-game-ps2-lewat-jaringan-lan.html

      Hapus
  9. gan gimana caranya biar bisa pake kaset lagi

    BalasHapus
  10. cabut aja MMC yg terinstall FreeMcBootnya..kapan2 mau pakai flshdisk/harddisk masukan lagi MMC nya...tks

    BalasHapus
  11. 1. om saya mau tanya nih masih bingung seblm mempraktekannya setelah baca baca, di judul tertulis Cara Install FreeMcBoot Tanpa Cd UlaunchElf sedangkan pas ane baca di atas di no. 10 (lihat proses install FreeMcBoot pada Tahap II artikel Cara Install FreeMcBoot) setelh ane buka link tersebut ttp aja Masukan CD UlaunchELF yang telah kita Burn pada Tahap I ke PS2, ini solusinya gmn nih om? jadi bingung ane\

    2. pada Memory Card PS ada slot 1 dan 2 itu harus kosong apa nggak om, nah yg terinstal Freemcbot itu slot yg mana slot 1 apa slot 2? sedangkan pas ane baca di tahap 2, ada gambar yg menjelaskan ini gambarnya http://2.bp.blogspot.com/-HBurDQIBHGE/UjM8y-3NyNI/AAAAAAAABvA/WY6Jj2zeyWI/s1600/5.jpg. jdi kegunaan slot 1 di format itu mksdnya gmn?

    3. jika saya sudah berhasil instal freemcboot sendiri, yang ane tanya lagi bagaimana cara ganti tampilan OPL kira-kiranya bisa atau gak,?

    maap terlalu byk bertanya, takut sesat di jalan dan harap di maklum newbie belm tau msh dalm proses pembelajran. mohon untuk balasanya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.utk cara diatas bisa kita gunakan klo kita sudah punya MMc yg sudah terinstal FMC, klo belum punya ya kita harus ikuti cara dari tahap I...
      2.utk ganti OPL nya gampang ,yg penting berhasil dulu install FMC dan bisa main dari harddisk/flashdisk..tks...

      Hapus
  12. alhamdulillah akhirny saya bisa juga om. tp mohon maap nih ane bertanya lagi maklum ane kurng tau soal PS rada OOt sedikit ..hehe. ok yg ane tanyakan lagi

    1. saya coba masukin game ps2 dari komputer ke flashdisk menggunakan Iso2OPLSCAN , sebagian game sukses bisa jalan, dan ada 2 game cuma berformat SLES_518.20 itu knp, klo yg lainya itu format nya SLUS_211.36, yg SLES itu tidak bisa ke buka game nya, mslhnya apa ya om apa game ny atau apa ny mklum ga tau?

    2.KLo masukin game ke hardisk INTERNAL menggunakan iso2OPLSCAN apa bisa maen?klo bisa!! apa harus merubah settingan matrik dan OPL nya ? mohon pencerahannya dan tutornya klo bisa.

    terima kasih mohon maap sekali OM byk tanya maklum OOT, baru bljar dalm bidang PS2. klo ada yg kurang maap lagi ya om ane tanya lagi ntr :D salam kenal om

    BalasHapus
    Balasan
    1. SLES dan SLUS hanya nama yg bisa dikenali oleh FreeMcBoot jadi seharusnya gak ada maslah tu...
      klo main dari Harddisk harus kita format ke FAT dulu , karna game dari harddisk gak bisa terbaca klo di format NTFS...
      Kita semua masih sama2 belajar,tks...

      Hapus
  13. ma'af bang mau nanyak nih .. saya uda lakukan cara di atas tapi launchelf tidak keluar di menu utama . itu kenapa ya bang ??

    BalasHapus
  14. ma'af bang mau nanyak nih .. saya uda lakukan cara di atas tapi launchelf tidak keluar di menu utama . itu kenapa ya bang ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara diatas bisa kita lakukan apabila kita sudah punya MMC yg sudah terinstall FreeMcBoot....,jadi pastikan dulu apakah MMC nya emang bisa dipakai utk main lewat flashdisk/harddisk ????

      Hapus
  15. Cara ini bisa dipake di ps2 scph 90006 ga??
    Terus cara tau MCnya bisa dipke buat main lewat fd gaman?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja mas punya saya Model SPCH90004 ...
      klo kita pake MC yg terinstal FMCboot pati tampilan awal kan beda ( lihat gambar no5)

      Hapus
  16. Mas rizal mau tanya nih
    Ps2 saya pake free mcboot tanam pas booting langsung ke opl seperti gambar 15..
    Kenapa ya ga muncul menu browser seperti no 5?
    Gmn caranya biar bisa muncul menu browsernya?
    Oia cara ganti gambar seperti yg ada di no 15 itu gmn?apa harus pake ulaunchelf?

    Thanks in advance

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas...saya belum pernah coba pake freemcboot tanam ( chips matrix ) tapi coba lihat disettingan opl nya ( baca trik ps 2 no.3 )

      Hapus
    2. Hmm,tanya mas
      1. Gambar yg seperti no 15 itu bisa diganti2 kah? gmn caranya ya?
      Soalnya pengen ganti gambar jadi gambar polos aja..

      2. Cara install ulaunchelf tapi optik rusak itu via fd y?tanpa mc bisa ga ya..soalnya yg penjelasan diatas pake mc sedangkan freemcboot saya sistem tanam tanpa mc..

      Oia freemcboot sistem tanam tapi bukan chip matrix soalnya pas booting ada tulisannya freemcboot..
      Katanya ditanam di slot mc 2..

      Hapus
    3. 1.klo background nya ada disettingan opl kita bisa pilih THM ke tampilan bawaan opl nya...
      2.klo freemcboot sistem tanam kayaknya gak dilengakapi ulaunchnya lagi ya, jadi gak bisa kita harus burn cd ulaunchnya..

      Hapus
    4. Hmm..
      1. Ganti background disetting opl langsung aja kah biar bisa ganti THM?tanpa ulaunchelf bisa?
      2. Wah ga bisa ya gan,,mana optik juga mati udah dicabut :(
      Misal pasang freemcboot lagi via mc tanpa nyabut yg fmcb tanam bakal eror ga?
      Pengen ada ulaunchelfnya biar bisa mainin gamenya sega,nintendo,dll..soalnya pernah baca bisa buat main dan play video..

      Thanks in advance

      Hapus
  17. gan saat burn ulaunch cd/dvd, agan pake CD-Rom atau DVD-Rom merk apa?? soalnya saat saya burn pake ultraiso ke CD-R Gt-pro kok ada bacaan "the disk not empty", padahal di CD-Rku gk ada apa-apa. Mohon bantuanya

    BalasHapus
  18. gan saya mau nanya,,, kok pas gua klik UlaunchELF yg muncul malahan open loader trruss ada tulisan pengaturan,,, pengaturan jaringan,,, danlain-2 gitu !!!

    mohon penjelasannya yea mas !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho koq bisa gitu ya...itukan bisanya pengaturan di OPL ....

      Hapus
  19. Masgan..

    Ini bisa dipraktekin kalo optik ps2 udah rusak kan ya..
    Tapi saya bingung gan kan masukkan mc di slor 1 dan 2 serta fd nah kok digambar ke 2 mc2 udah ada fmcb gmn cara masukinnya ke mc 2? Kalo optik ps2 saya rusak..

    Terus ulaunchelfnya masukinnya gmn gan?ditaruh di fd aja?

    Hmm, kalo save game ke mc mending slot 1 apa slot 2 ya?jadi misal saya pake slot 2 untuk fmcb ga masalah kan..

    Maaf banyak tanya, pengen belajar bikin sendiri tapi pas baca2 malah bingung,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. karna mc2 emang sudah terinstall FMCB "tolong baca tulisan pembukanya /paling atas ( jgn langsung ke materi nya )
      2. Diharapkan baca trik ps2 dari tahap 1 dan seterusnya ,biar lebih mengerti
      3.tks

      Hapus
  20. gan gimana caranya masukin mc boot ke memory card gan butuh banget caranya gan

    BalasHapus
  21. gan masukin mc boot ke memory cars gimana carnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca trik ps2 dari tahap 1 sampai 4,saya rasa semua sudah saya jelaskan dengan detail lengkap dengan gambar agar lebih mudah dimengerti...jgn membaca nya langsung diartikel atas, itu akan membuat kita bingung klo baru pertama x melakukan ini...tks

      Hapus
  22. Mas rizal gimana caranya balikin ke skin/tema opl aslinya ya?
    Kan opl saya ada skin/tema seperti gambar no 15 nah pengen saya balikin ke skin/tema awal opl yg biru itu bagaimana caranya?
    Tanya juga cara ganti skin/tema yg lain,gmn caranya?

    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat di settingan OPL nya buat aja theme nya ke OPL...atau baca artikel trik Ps2 tahap 3

      Hapus
    2. Saya liat di settingan opl theme udah opl tapi backgroundnya/skin/theme tetap gambar..
      Apa memang harus ganti theme baru?

      Kalo cara masukin theme/skin itu gmn ya mas? Soalnya saya baca di blog kok blm ada ya..

      Hapus
    3. cara ganti theme nya....download/cari digoogle theme yg kita inginkan lalu kita copy ke polder THM di falshdisk/hardisk/laptop kita, baru kita ubah dari settingan OPL nya..selesai,tks.

      Hapus
  23. Gan mau tanya gimana caranya biar bisa masuk ke browser seperti digambar no 14?
    Soalnya punya gw langsung booting ke opl jadi ga ada menu sperti gambar no 14..

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat di settingan OPL nya gan, klo dipunya saya tertilis exit to : browser (baca artikel ke 3 trik ps2 ),tks

      Hapus
    2. Gw liat di setting opl, exit to: browser gan..tapi kenapa habis logo freemcboot langsung booting ke opl..

      Ada saran lain atau ada setting lain biar bisa masuk ke menu seperti gambar no 14?

      Thanks

      Hapus
    3. mungkin versi Freemcboot punya agan tidak sama dengan punya saya,...ya???

      Hapus
    4. Cara tau version freemcboot gmn y Gan?

      Yah sedih juga kalo ga bisa ke browser..

      BTW Gan Cara list is I memory card kalo pake freemcboot gmn?

      Thanks

      Hapus
    5. pada tampilan awal kan tampak versinya seperti gambar diatas version 1.8.
      type PS2 agan type berapa ??
      apa sudah pernah di pasang chips matrik atau pakai install an freemcboot ??

      coba lihat di artikel ini : http://rizalyuliandi.blogspot.com/2013/09/install-open-ps2-loader-opl.html
      pada point B. Memasukan OPL ke Booting FreeMcBoot lihat gambar no 5 ( Go to browser : OFF ) pada punya agan posisi apa ???

      Hapus
    6. Punya gw kan booting tulisan freemcboot nah setelah itu langsungsung booting opl jadi ga ada tampilan seperti no 14, jadi gtw versinya..

      Diartikel yg agan kasih gw g bisa liat off atau on karena punya gw ga ada menu fmcb config karena langsung booting opl..

      Ps2 type scph30004R..
      Blm pernah pasang matrix..
      Pake fmcb tapi kurang tau installan atau ga..

      Btw gan, kalo gw buka ule caranya tahan R1 karena ga ada tampilan seperti no 14..
      Bisa liat verdi fmcb dari ule ga ya? Atau ke fmcb config buat setting browser..

      Thanks

      Hapus
    7. klo emang freemcboot instalan di mmc masih bisa kita uninstall / format dan instal ulang sesuai artikel saya ini, atau cabut aja mmc tanam nya...(emang agak ribet sih )

      Hapus
    8. Misal kalo gw ganti fmcb yg pake mc gitu pasti ada menu browser seperti gambar no 14 ga ya gan?

      Jadi pengen beli..
      Oia berapa versi terbaru fmcb dan opl?

      Thanks

      Hapus
    9. ya..seperti yg ada diartikel trik ps2 saya, terlihat seperti gambar yang ada..
      fmcb sepertinya masih versi 1.8
      klo opl nya sudah ada 0.9

      Hapus
  24. Sangat membantu ilmu yg bermanfaat subhanallah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an ada manfaatnya bagi yang baca dan menjadi ladang amal bagi saya..aminn...tks

      Hapus
  25. Sangat bermanfaat, tolong buatin dong posting cara savegame ps2 di flashdisk biar beban memory card gak berat

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an saya akan buatkan artikelnya....tks

      Hapus
  26. gan,saya sudah coba dengan cara di atas tapi kenapa gx muncul ulaunch nya
    mohon jawabannya

    BalasHapus
  27. Gan ini support gak buat ps2 scph 90006? Optik ps2 ane rusak.. jadi bisa gak pasang free mcboot di rental ps2? Lalu udah diinstal free mcbootny dipasang di rental ps, flashdisk dgn memory dipasang dips2 ane lalu ane nyalain langsung masuk gk gan menu boot yg udah dipasang freemcboot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja gan...karna utk type 90006 saya belum pernah coba,tks

      Hapus
  28. gan punya gue memory cardnya udah di instal free mcbootnya trus cara masukin gamenya g mana gan ?

    BalasHapus
  29. gan saya ada 2 MC tapi rusak gimana dong ada solusi untuk membuat MC boot nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalau uda rudak dan di coba gak bisa ,ya insatall ulang aja lagi...atau mana tau cd ulaunch nya masih bisa jalan kita tinggal insatall fmc nya aja...

      Hapus
  30. ass,gan.ps saya udah di setting dengan flsdisk 16gb mau ganti dengan fd 32gb,apakah dengan mengisi game bisa langsung jalan atau harus di setting kembali?

    BalasHapus
  31. Gan mw nanya ni
    Yg bikin ane bingung di mc ane udah terinstal fmcb,tp list menu nya cuma ada "launch disc" doang, "ulaunch.elf" nya g ada, jd gmn gan.?
    Mohon pencerahannya gan.

    BalasHapus
  32. om mau tanya
    ps2 ane blm diinstal fmcbot'a
    klo ane pinjem mc ps2 punya tmn itu hrus nyetting2 lg apa tinggal colok dan isi game aja?
    pencerahan'a tolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo kita pinjam utk main game...tinggal colok dan isi game iso nya ke flashdisk,tapi klo kita pinjam utk isntall ke mmc kita ....silakan baca trik ps2 tahap 5,tks

      Hapus
  33. Bang rizal ,saya mau nanya kan saya pinjam mc teman yang terinstall fmc boot dan opl tapi saya ikuti tutor ini kenapa saat saya pilih ulaunchelf kenapa masuk ke menu opl? maaf kepanjangan maklum masih belajar, tolong dibalas thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti ulaunch nya gak terinstal di mmc nya, instal ulang lagi saja dari awal

      Hapus
  34. mc tmn ane cuma ada opl'a aja.gmn itu?
    kta'a bekas pke yg matrik dia jd gk pke mcbot
    gmn itu?
    apa harus diinstal dlu?
    nanti pengaruh gk ke ps'a tmn ane yg pke matrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. install dari awal aja di PS2 nya kamu,karna PS2 teman kamu tidak ada ulaunch nya..

      Hapus
  35. oh harus di install ulang lagi kalo gitu makasih atas penjelasannya !

    BalasHapus
  36. Mas klo mau langsung ke menu game (tanpa masuk browser trus pilih rangga net) gmn ya..??
    sudah dicoba kok susah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa mas...harus restart ps2 nya >> OPL >> baru list game

      Hapus
  37. mas mo nanya kalo dy hanya muncul gambar free mcboot doang gak bisa di apa2in.. itu kenapa yah???

    BalasHapus
  38. min bisa gk aku minta salin data yg ada di memori card yg udah terinstal mcboot. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana caranya saya kirim...tukan di mmc ???

      Hapus
  39. Mas..kalo saya ada 1 memory card doang itu bisa ga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo cuma satu mc kita ikuti cara install FMC dari tahap pertama sampai selesai

      Hapus
  40. mas om, nanya nih
    1.klo sy copy mcboot yang ada di slot2 ke slot1(yang kosong) bisa ga?
    2. trus mcboot yang sdh di copy di mc yang kosong bisa g jalankan hd external yang sdh diisi game?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.saya juga pernah coba dicopy FMC yg ada di slot 1 ke MC yg kosong tapi hasilnya tidak bisa.
      2. ya berati tdak bisa juga
      tks mas ..om

      Hapus
  41. saya mau nanya, tetangga saya ada yang main ps2 dengan hardisk, pastinya sudah terinstal fmcboot di mcnya, apa bisa saya pinjam mc yg udah diinstal mcboot itu dan saya copy kan ke mc saya yg blum terinstal mcbootnya, apa cara ini bisa? mohon penjelasannya mas.....

    BalasHapus
  42. gan, ps ane yang fat tapi udah pake harddisk. Kalau udah gitu cara main pake fdnya gimana gan?
    Apa harus instal dari awal?

    BalasHapus
  43. Gan cara instal ulanchnya gmna???
    Mcboot udh gw instal tpi flashdisknya gk bca d ps2 gw, menunya jga cuma browser n sistem configuration...
    Mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca trik Ps 2 dari tahap satu sampai seterusnya....saya rasa sudah komplit tutorialnya gan, tks...

      Hapus
  44. gan kalo instal mc boot..bisa kah tanpa dipasang chip matrix..yang ane ps2 scph 70009 masih original belum pernah diservice ..udah hampir 6 tahun saya pakai optik

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara yg saya share utk solusi agar kita tidak usa pasang chip matrix lagi...mohon dibaca trik ps 2 dari tahap awal agar kita lebih paham lagi, tks

      Hapus
  45. Mas caranay instal u launcherny gmn k si hardisk. Pk usbutil gbsa2 .... butuh i launcher kan itu tuh... apa bisa tnpa u launcher yah

    BalasHapus
  46. Gan ,saya pake PS2 Matrix slim(pake cd), pake hardisk jalan gamenya gan, tp pake flashdisk kok gak bisa jalan gamenya ya gan,
    Malah muncul 4warna merah(!), Mohon pencerahannya gan. Terimakasih

    BalasHapus
  47. Awal april beli Ps2 fat seri scph 1000 dengan hardisk eksternal, untuk booting (free mc boot) dan loadernya (open pl loader) menggunakan memory card di slot 2 yang sudah disolder sama penjual (tanam)
    nah akhir akhir ini game sering nyandet/hang pada saat proses booting dan main game. Hardisk saya cek dan defrag,kondisi bagus. saya curiganya di memori card bootingnya soalnya saat hardisk saya copot booting dan masuk di menu game juga sudah nyandet

    ada solusi pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sih kadang lama kelamaan agak berat utk masuk game nya,tapi saya delete OPL nya dan saya masukan kembali OPL nya..bila perlu install ulang aja lagi lebih gampang klo ulaunceh nya sudah ikut terinstall di mmc lebih gampang lagi ( tidak perlu cd ulaunchelf ),tks

      Hapus
  48. malam gan, ps2 ane tebal udah matrix pake hdd, tp hdd ane rusak dan malas buat belinya, kepikiran buat main ps2nya menggunakan flashdisk. ada aturan buat setting lg gak? atau tinggal isi game ps2nya langsung??
    mohon penjelasannya bagi yg berpengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lihat disettingan nya, bisa gak diubah pakai usb hdd/flashdisk

      Hapus
  49. masgan, di saya menu OPL gak ada, jadi gak bisa maen game, cuma bisa masuk menu browser dan ulaunch config
    apa harus instal lagi OPL nya?
    mcboot dan hdd kebaca semua padahal
    dan di dalem mmc juga udah ada file free mcboot dan OPL
    mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca trik ps2 tahap 3, mungikn bisa membantu..tks

      Hapus
  50. minta tolong nih.. gue punya hardisk cara isi gamenya gimana yah mau isi nih di warnet.. trus apakah gue gak usah instal apapun karena ps2 gue kalau di reject warna hijaunya matrix.. minta tolong nih. . dan makasih kalau mau di tolongin semogah tuhan yang balas kebaikan mas rizal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mau isi game...coba baca trik ps2 pada tahap4 mas...mungkin bisa membantu,tks

      Hapus
  51. kalau beli free mc boot yg sudah jadi berapa sama agan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan saya tidak jual fmc yg sudah jadi, silakan ikuti tutorial trik ps2 dari tahap 1 sampai selesai pasti bisa gann...

      Hapus
  52. halo mas dwi, mohon sedikit pencerahannya

    mcboot saya model tanam, dan optik sudah tidak ada lagi,

    kemarin settingannya terganti secara tak sengaja oleh teman, saya tidak tau pasti di bagian mana yang berubah setingannya, yang jelas sekarang ps2 tidak mau membaca hdd,

    saya rasa setingan yang teganti itu di bagian pemilihan usb/hdd/lan.

    atau yang terganti dibagian defrag usb menjadi yes

    nah karena sekarang tidak bisa loading hdd,
    sementara saya juga tidak bisa akses ke bagian settingaanya,

    kira2 apa yang harus saya lakukan?

    mohon pencerahannya kalau berkenan boleh di email ke stvnwllm@gmail.com

    thanks in advance

    BalasHapus
  53. trus klo pindahin dari harddisk internal ke eksternal caranya gimana ya gan bisa atau gk. ..
    mohon bantuannya trims

    BalasHapus
  54. Gan misal kita pinjam mc teman yg udah keinstal free mc boot ama opl, apakah kita bisa langsung isi game ke flash disk dan langsung bisa memainkannya??

    BalasHapus
  55. Gan boleh sy tau tdk pin bbm / akun sosmednya untuk membicarakan informasi mengenai ps 2 maklum karena sy br beli ps 2 kmrn sy blm mengetahui apa"

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik icon facebook/twitter diatas kanan

      Hapus
  56. Om,adik saya main hapus file2 corrupted data di memory cardnya,eh malah gak bisa load game yg ada di hardisk (opl nya jadi gak nongol),di memory cardnya sih ada folder/file apps apa gitu sama 3 folder/file free mcboot klo gak salah.Mungkin gak sih di hardisknya masih ada file/folder oplnya? Klo ada,apa bisa langsung di copy ke mc nya? Saya gak ngerti harus mulai dri mana,maklum yg beli psnya adik,dia beli sama temennya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. insatall ulang aja lagi fmc nya dengan cara yg kelima pada tutorial ps2 di artikel saya ini

      Hapus
    2. Di mcnya ada APPS folder,3 file free mcboot dan 2 save an game.Di menu awal gak ada tulisan ulauncerELF nya,cm ada tulisan browser sama system configuration aja.Gmn tuh om? Apa saya hapus2 in dulu itu isi di mcnya,terus mulai dari awal lgi? Mulai dri artikel om yg cara main ps2 pake hardisk.

      Hapus
    3. coba ikuti cara 3 install opl nya saja

      Hapus
    4. Ok,saya cb dulu.Oh ya,link fmbc nya udah mati om.bs di update lg gak?

      Hapus
    5. ok, da saya perbaiki, tks

      Hapus
    6. ok om,,udah saya download freemcboot v1.8 nya..kalo langsung di ekstark di hardisk/flsahdisk bisa kan ya?

      Hapus
  57. gan,ane mau nanya nihh , pas colokin flashdisk yg udh diisiin freemcbootnya dips2 emang lansung dinstal otomatis ke mmc ya ?
    Mohon jawabannya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan baca trik ps2 dari tahap 1 sampai selesai,akan lebih jelas dan sudah saya lengkapi dgn video nya..tks

      Hapus
  58. bg ku mau nnya ? pas install free mc boot v1.8 kenapa ulaunchelf nya gak bisa yak ? . dan pas ngistall pada bagian multiVersionIstall kenapa ada pemberitahuan kalo BOOT.elf ny gak ada ? mohon pencerahan nya dn BOOT.elf nya yg mana ? ty

    BalasHapus
  59. gan boleh tanya?
    kenapa fmcb 1.8c aku tak bisa terbaca di slot mc nomor 2
    sedangkan pasang ke slot 1 baru masuk menu fmcb

    BalasHapus
  60. Jadi software yang harus disiapin apa aja nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan baca trik ps2 dari tahap pertama sampai empat..tks

      Hapus
  61. Boleh minta alamat gmailnya nggak

    BalasHapus
  62. aku punya ps2 slim scph-77006 aku bongkar gak ada modchipnya bisa gak pke freemcboot?

    BalasHapus
  63. Mas,,, klo pake ps2 scph 900xx harus pke apa supaya bisa di pasangin fmcb

    BalasHapus
  64. gan saya modal flashdisk doang apakah bisa maen ps2 memory card sama cdnya tidak ada

    BalasHapus
  65. Gan mau tanya, OPL, Esdlps2, sama HD loader bagusan mana ya?

    BalasHapus
  66. Thanks for info www.beatzsoftware.blogspot.com

    BalasHapus
  67. Maaf saya mau tanya ???
    ps2 ane kan rusak tidak bisa baca kaset jadi bisa nggak pake free mc boot nya? Tolong Pencerahan Nya

    BalasHapus
  68. Gan Mcbootnya Tinggal Di Colokin aja Gk ush Pake flashdisk? BISA GK gan?

    BalasHapus
  69. poin ke 10 klo tanpa format memory card tak apa kan gan?

    BalasHapus
  70. poin ke 10 klo saya cabut mc di slot 2 tak masalah kah?

    BalasHapus
  71. Saya mau nnya gan,, saya punya ps2 fat, tp optic nya sudah rusak, bisa g instal free mc boot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, Caranya ada 2 : 1. Pinjem PS2 temen/Sewa trus Install FMC dri CD/DVD ke MMC baru tinggal ditest dirumah.
      Cara 2. Cari Operator PS2 baru coba tanya "Punya FMC MMC gak" kalo ada dipinjem baru Copy punya OP ke MMC mu

      Hapus
  72. Bro bisa gak install freemcboot di kartu memory tanpa optik, tanpa ps yg udah terinstall mcboot, dan tanpa matrix. Jadi gini bisa gak instllnya pake kabel otg gitu, atau komputer langsung. Tolong bro gua pengen bnget ps gua pakai fashdisk. Udah itu minta nope, wa, sama fbmu.

    BalasHapus
  73. Klo mc2 udah ke-instal fmc. Lalu buat apa instal fmc di mc1??bukanya bisa di skip..nah kalo misalkan tanpa cd dan cuma punya satu mc apa masih bisa instal fmc... Sori ane nubie byk tanya..thx

    BalasHapus
  74. Gan , punya saya dulu udah diistal fmcboot di hdd ,tapi hddnya rusak dan nggak bisa booting , terus saya mau fmcboot nya booting di flashdisk gimana?

    BalasHapus
  75. Gan, newbie ni gan ,😂. , mau tanya.
    Mc boot ane rusak gan, isinya broken data smua, apakah bisa memori dimasukin file mcboot lewat fd gan. ,

    BalasHapus
  76. Gan kok punya ane gk bisa?,padahal udh ada hardisk dan memory card cuma satu dan flashdisk udh ditancepin pas dihidupin gk jadi apa apa pas aku buka browser ps2 nya juga gk ada.gimana nih???,soalnya ane mau langsung semua game ane tamat... gimana,mohon pencerahan nya...

    BalasHapus
  77. Klo saya punya mc boot apakah bisa langsung di copy ke mc yg kosong tanpa harus ke munu ulaunch. Mohon pencerahaannya

    BalasHapus
  78. bos,,saya punya MC yang sdh terinstall FreeMCBOOT, dan kebetulan console(PS2) saya rusak, dan saya beli lagi console(PS2) yang versi slim, tp kenapa memory card saya yang sudah terinstall FreeMCBOOT tidak bisa digunakan ke console tersebut.

    BalasHapus
  79. Gan kalo mc free boot ya di copy di memory satu ya apa bisa memory yg di copy jadi unlauch ya saran dong gan plz

    BalasHapus